Uni Minongko Puji
Wednesday, 17 December 2008


Dalam dunia IT kita pernah mengenal istilah WYSWYG (What You See Is What You Get). Kali ini saya pelintir sedikit menjadi What You Say Is What You Get atau yang artinya : “Anda...adalah APA yang anda ucapkan

Percayakah kita akan hal ini?
Tanpa kita sadari ternyata kita, baik dalam guyonan, kesal, marah, atau putus asa seringkali kita melontarkan kata-kata yang tidak baik. Bermacam kata mulai dari keluh kesah, umpatan, makian, sumpah serapah, sampai nyepatani, sangat akrab di telinga kita.

Dulu, seorang sepuh pernah menasehatiku, gara-gara mendengar aku begitu sering berkata yang bernada pesimis, minder, dan putus asa. Sebuah teguran untukku bahwa ‘uni minongko puji’, hingga pada akhirnya aku membuktikan sendiri.

Pernah kubaca sebuah kalimat penyemangat yang hebat, ditulis besar-besar dalam bentuk relief di halaman sebuah sekolahan (domensa) yang berbunyi AKU BUKAN MANUSIA BIASA, AKU ADALAH MANUSIA LUAR BIASA. Dan hasilnya adalah manusia-manusia yang rata-rata sukses dalam hal kesejahteraan maupun bisnisnya.
Satu lagi kebalikannya adalah sebuah kedai kecil nan reot, di layar bertuliskan SABAR MENANTI”, “SEDERHANA”, “ISAKU IKI”, “SELALU MENDERITAdll. Sama sekali tidak ada semangatnya. Pasrah, cukup, ngalah, nriman, tapi dalam hal yang kurang tepat. Hasilnya juga akan begitu-begitu saja.

Sudah biasa, jika kita sedang bermasalah selalu nggresah dengan kata-kata yang buruk dan pesimistis. Secara tidak sadar orang justru sering mendoakan anaknya sendiri “Dasar bandel, cah bodo, nuakale poolll, ben digondhol setan...” dll. Tidakkah terpikir oleh kita kita untuk mencoba ber-inovasi dengan hal-hal yang baru?. Umpamanya saat sedang uring-uringan, kita lontarkan saja kata-kata manis dan doa yang baik. Misalnya “Awas kamu!!, kamu akan kaya raya kelak, kamu akan baik hati, kamu akan pinter nanti... awas ya!!!”, meskipun kita dongkol setengah mati.

Memang tidak serta merta kita lantas menjadi seperti apa yang kita ucapkan, Allah yang Maha Tahu telah berbaik hati mencegah segala kecakacauan itu. Tidak bisa dibayangkan jika kita marah lantas guntur menggelegar. Lalu sesiapa yang hanya kita tunjuk berubah jadi monyet. Alhamdulillah tidak seperti itu.
Tapi perlu kita waspada, bahwa ada kekuatan Sang Lathif, yang dengan sangat lembut telah merubah segala sesuatu menjadi sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Sebagaimana kelembutan pertumbuhan kita dari bayi hingga menjadi dewasa. Merambat dengan sangat halus, tak terduga.

Banyak eksperimen yang kita tahu, misalnya nasi yang diletakkan dalam botol kemudian diperdengarkan kata-kata baik ternyata menjadi lebih tahan lama, putih dan berbau harum dibanding nasi yang satunya yang lebih cepat basi ketika diberi kata-kata negatif secara terus menerus.

Penelitian lainnya adalah air yang diperdengarkan kata-kata baik dan kata-kata buruk dapat menghasilkan kristal-kristal air yang berbeda. Yang baik akan menjadi teratur sebentuk bunga yang indah. Sedangkan yang yang buruk menjadi tidak beraturan runcing dan tajam. Dan perlu diketahui bahwa 60% tubuh kita terdiri dari cairan.

Allah SWT berfirman yang artinya kurang lebih “Aku adalah sebagaimana prasangka hamba-Ku”. Kemudian dalam hadits Rasulullah saw pun mengajarkan bahwa kita harus saling memanggil dengan sebutan atau nama-nama yang baik dan berkata-kata yang baik.

Dengan pesimistis, orang sudah kalah separo bagian sebelum bertanding, sedangkan dengan optimistis orang berarti sudah menang separo bagian sebelum bertanding.
Hidup adalah pilihan, maka pilihlah yang baik. Dunia ini memang lautan masalah dan bergunung persoalan. Sorga akan jadi tidak menarik kalau di dunia segalanya serba mudah dan menyenangkan.

Maka dari itu mari kita jaga lisan kita dengan berkata-kata yang baik. Karena uni adalah puji. Kata-kata anda adalah...doa.


*


posted by Nuga @ 12/17/2008 11:26:00 am

6 Comments:

  • At 17 December, 2008 13:04 , Anonymous Tyas said...

    Membaca kalimat ini :
    Allah SWT berfirman yang artinya kurang lebih “Aku adalah sebagaimana prasangka hamba-Ku”. Kemudian dalam hadits Rasulullah saw pun mengajarkan bahwa kita harus saling memanggil dengan sebutan atau nama-nama yang baik dan berkata-kata yang baik. Hidup adalah pilihan, maka pilihlah yang baik.

    memang seharusnya kita berbaik sangka kepada Allah SWT, karena apa yang kita sangka itulah yang akan diberikan kepada kita.. saya tdk ingin surga dunia karena kehidupan akherat lebih kekal.. Good Article,,

     
  • At 17 December, 2008 13:49 , Anonymous Joe said...

    "WYSWYG" adalah salah satu program komputer yang pernah saya gunakan sebelum Excel berkembang.. tapi Nuga punya "WYSWYG" dengan inovasinya istilah tsb di pelintir menjadi satu pencerahan bathin yang menyadarkan kita untuk selalu ber prasangka baik kepada Sang Pencipta..

    Teruslah berinovasi Nuga.. salam utk Tyas..

     
  • At 17 December, 2008 22:27 , Anonymous amalia said...

    Ambillah hikmah dimana saja kau berada.. itulah Nuga.
    Bulatkan kata pinta kita agar Tuhan mendengar, bahwa kita sedang berharap pada-Nya. Dan pilihlah harapan yang besar, karena kata yang terucap jd sebuah doa..
    Siiiip moga sukses untuk semua harapan mu.

     
  • At 18 December, 2008 00:39 , Anonymous AK said...

    "Hidup adalah pilihan" baik buruk, salah benar pilihan kita tentu ada konsekwensinya..dengan mengumpat, caci maki tidak akan menyelesaikan persoalan..Allah sangat menyukai kebaikan.. jangan sampai kita terpedaya oleh surga dunia...

    Tetap istiqomah Nuga.. salam

     
  • At 18 December, 2008 09:49 , Anonymous SamSaw said...

    Ajining saliro songko busono, ajining diri ono ing lathi. Lebih mulia lathi yang aji daripada aji ing busono, walaupun pada keduanya terdapat kepentingan yang sama. Sukses bagi kita semua.

     
  • At 19 December, 2008 16:13 , Blogger goresan pena said...

    sepakat..!
    kadang kita butuh motivasi diri lebih untuk bisa maju atau bangkit...dan kita butuh lingkungan yang lebih segar...

    pesimisme adalah penyakit menular...sama saja dnegan contoh water power yang ditemukan orang jepang itu kan?

    salam,
    hesra

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home

 
My Photo
Name:
Location: Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

I'm just an ordinary person

Previous Posts
Silahkan Di ISI



  • Status : NuGa
    Visit the Site
    My Link Banner



    eXTReMe Tracker



    Youahie