Sabar Pembuka Pertolongan Allah
Tuesday 4 November 2008




Semoga Allah tetap menganugerahkan kepada kita kemampuan untuk bersikap sabar. Sabar ketika harus dicaci maki, sabar ketika dijauhi kerabat terdekat, sabar ketika kenyataan tak sesuai dengan keinginan. Karena dengan kesabaran sesungguhnya kita tengah membuka pintu pertolongan Allah. Dan, sabar yang diperlukan bukanlah sikap pasrah, diam pasif menerima begitu saja namun sabar untuk tetap berada di jalan yang Allah sukai.

Agar sabar dapat membuka pintu pertolongan Allah, tekadkan dalam diri untuk memilih komitmen menjadi ahli sabar. Tidak boleh hidup hancur akibat tak sabar, keluarga hancur akibat emosi yang berkepanjangan, kerjaan hancur akibat tak pandai mengatur. Terpenting, sertai kesabaran dengan taubat. Pertolongan Allah akan tercurah kepada orang-orang yang mau merendahkan diri seraya mengakui kesalahan di hadapan Allah. Perbanyak dzikir pengampunan. Ingat kembali kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat, tekadkan untuk tidak mengulanginya dan iringi dengan amal shaleh. Bagi ahli taubat, telah Allah janjikan ketentraman, diberikan jalan keluar, dan dimudahkan rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka.

Taubat yang telah dilakukan iringi dengan taat. Taat dapat berarti patuh seraya bersungguh-sungguh menjalankan perintah Allah. Siapapun yang ingin ditolong Allah maka ia harus bersungguh-sungguh meningkatkan ibadah dengan tidak mensia-siakan shalat berjamaah. Disempurnakan dengan amalah sunah seperti shaum sunah, tahajud, dhuha, shawat rawatib; perbanyak sedekah, santuni fakir miskin. Kian mendekati kepada Allah, pertolongan Allah pun akan datang.

Kesabaran tak cukup diraih dengan taubat, taat, tapi juga harus diiringi dengan tawakal. Karena bisa jadi untuk mendapat julukan ahli sabar butuh perjuangan yang panjang, yang tak cukup dengan taubat dan taat. Jika seseorang yang lahirnya taat kepada Allah dan hatinya tawakal sepenuhnya kepada Allah, maka Allah pun menjaminkan kesabaran untuk dirinya.

Dengan demikian saudaraku, tak ada pilihan kecuali kita harus menjadi ahli sabar. Hadapi kegelisahan, keresahan, kemelut hidup dengan kesabaran. Semoga dengannya kita akan terampil menjadi pribadi yang indah, menawan, memesona dan orang yang gigih mengarungi kehidupan.

Dikutip dari Kiat AA oleh KH. Abdullah Gymnastiar. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Barakallah
posted by Nuga @ 11/04/2008 01:03:00 am

3 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 
My Photo
Name:
Location: Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

I'm just an ordinary person

Previous Posts
Silahkan Di ISI



  • Status : NuGa
    Visit the Site
    My Link Banner



    eXTReMe Tracker



    Youahie